Lagi Senang Tidur Nomaden

Aku senang menumpang tidur di kos teman di jalan Pattimura. Hampir semua mahasiswa yang kos di sana aku kenal. Reno, Binta, Meq, Ivan, Parlin, Boki, dan Kecel. Semuanya kuliah di Fakultas Teknik, kecuali Kecel, yang kuliah di Fakultas Pertanian. Ketujuh orang itu juga aktivis pers mahasiswa di kampus.

Aku pertama kali menumpang tidur di sana ketika Scientiarum dan Imbas bikin pelatihan jurnalisme bareng Andreas Harsono di Kampoeng Percik. Karena sesi pelatihan selalu dimulai jam delapan pagi, maka aku tidur di sana supaya dibangunkan penghuni kos. Toh mereka juga ikut pelatihan itu. Nanti berangkatnya ke Percik bareng-bareng.

Malam ini aku tidur di kos itu lagi. Sudah sejak kemarin sih. Besok juga sama. Tapi, mulai Senin minggu depan aku mau tidur di Yayasan Bina Darma. Ini karena orang-orang kampus akan bikin pelatihan kepemimpinan selama seminggu di sana. Pesertanya, beberapa mahasiswa dari UKSW sendiri dan beberapa universitas Kristen lain yang diundang. Pasti ramai!

Yayasan Bina Darma adalah sebuah yayasan yang didirikan Universitas Kristen Satya Wacana bersama Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia pada 17 Agustus 1979. Yayasan ini memberikan pelayanan di bidang kepemimpinan melalui pelatihan, forum ilmiah, penerbitan, dan lain-lain. Gedungnya terletak di daerah Bugel, Salatiga. Pemandangan di sana ijo royo-royo. Enak buat cuci mata.

Sebetulnya, aku bukan peserta dari kegiatan itu. Bukan panitia juga. Aku hanya mau menumpang tidur (dan makan gratis) di sana. :)

Tapi, lebih dari itu, aku bosan tidur di kosku sendiri. Betul-betul bosan, hingga akhirnya aku merasa tak nyaman.